Viewed :

Cara Cepat Menguasai Matematika (Dasar Dasar) | M-CAV Blog

Cara Cepat Menguasai Matematika (Dasar Dasar)

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama
Pada Tanggal : Saturday, January 31, 2015
Advertisement

Cara Mudah Menguasai Matematika (Dasar Dasar)

M-CAV.Com | Matematika memang merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami bagi sebagian besar orang. Angka angka yang menghitungnya cukup membuat kita sakit kepala. Hal itu terjadi karena kita tidak mengetahui dasar dasarnya, namun apa bila kita mengetahui dasar dasarnya maka pelajaran ini akan menjadi cukup mudah untuk dipahami. Sebuah soal matematika terkadang juga memiliki banyak cara dalam penyelesaiannya. Diantaranya seperti apa yang bapak/ibu guru ajarkan disekolah, dan ada beberapa cara cepat yang membuat kita dapat menyelesaikan sebuah soal hitungan dengan cepat. Cara Mudah Menguasai Matematika ini akan sangat bermanfaat dan sangan Menghemat waktu ketika sedang ujian seperti Ujian Nasional. Beberapa rahasia dan Cara cepat menghitung dalam pelajaran Matematika akan dibahas secara singkat dan jelas pada artikel ini.
  • Cara Cepat Menghitung perkalian 6,7,8 dan 9 mengguakan jari.


    Tips ini dapat digunakan untuk menyelesaikan perkalian bilangan diatas 5 dan dibawah 10, yaitu 6,7,8 dan 9. Cara menggunakan tips ini adalah sebagai berikut : misalkan kita ingin menghitung 6 x 8. Kepalkan kedua tangan kamu, untuk angka 6 luruskan satu jari tangan kirimu dan untuk angka 8 luruskan 3 jari ditangan kananmu. Kemudian tambahkanlah jari yang terbuka di kedua tanganmu (3 + 1 | tangan kiri 1, tangan kanan 3) maka hasil yang didapatkan adalah 4 (ini berfungsi sebagai puluhan), selanjutnya kalikan jari yang tertutup di kedua tanganmu (4 x 2 | Tangan kiri 4 jari, tangan kanan 2) maka hasilnya adalah 8 (ini berfungsi sebagai satuan). jadi hasil dari 6 x 8 adalah 48. Apakah kamu masih belum mengerti, untuk lebih jelasnya kita ambil satu contoh lagi namun penjelasannya menggunakan gambar. Kita ambil contohnya 7 x 8, Lihatlah gambar dibawah ini untuk penjelasannya.
    Cara Cepat Menguasai Matematika Perkalian jari
  • Cara Menghitung cepat perkalian dua angka dengan mudah.


    Cara menghitung cepat kali ini digunakan untuk menghitung perkalian bilangan bilangan besar yang mendekati 100 dengan mudah. Sebagai contoh adalah 97 x 96 = ? Pertama, kurangkan angka 100 dengan masing masing bilangan tersebut. 100 - 97 = 3 dan 100 - 96 = 4, maka didapatkan angka 3 dan 4. Selanjutnya tambahkan kedua angka tersebut 3 + 4 = 7 lalu kurangkan 100 dengan angka tersebut (100 - 7 = 93) tulis hasilnya disamping tanda =. Lalu kalikan angka 3 dan 4 tersebut, maka didapatkan hasilnya (3 x 4 = 12) dan letakkan disamping angka 93. Jadi hasil dari 97 x 96 = 9312
  • Perkalian 9 dengan angka 1 sampai 10 sangatlah teratur


    Lihatlah gambar berikut ini dan perhatikanlah puluhanya, dari atas kebawah tersusun secara teratur mulai dari 0 sampai 9 sedangkan satuannya malah sebaliknya, mulai dari 9 sampai 0.
    Cara Cepat Menguasai Matematika perkalian 9
  • Cara Cepat Menghitung Pecahan.


    Berikut ini adalah cara yang dapat anda gunakan untuk menghitung soal berupa pecahan dengan mudah. Pertama, kalikan terlebih dahulu bilangan tersebut secara bersilangan, kemudian tambahkan hasil perkalian tersebut, maka hasilnya akan menjadi pembilang. Selanjutnya kalikan kedua penyebut tersebut dan hasilnya akan menjadi penyebut. Perhatikan gambar berikut ini :
    Cara Cepat Menguasai Matematika menghitung pecahan cepat
  • Cara cepat menghitung Perkalian Bilangan Puluhan dengan 11


    Setiap bilangan puluhan yangg dikalikan dengan angka 11 dapat diselesaikan dengan sangat cepat. sebagai contohnya adalah 32 x 11. Caranya yaitu pisahkan antar angka 3 dan 2 (pisahkan sejauh kira kira dapat memuat angka yang akan ditulis disini) kemudian tambahkan 3 dengan 2 dan letakkan hasilnya diantara kedua angka yang telah kamu pisahkan, hasilnya 32 x 11 = 352.
    Cara Cepat Menguasai Matematika perkalian 11
  • Cara Mudah menghafal nilai lengkap π (Pi)


    Untuk menghafal nilai lengkap Pi, biasanya orang luar menggunakan rumus berupa kalimat. Yaitu : May i have a large container of coffee, lalu bagaimana cara menentukan nilai pi dari kalimat diatas? hitung jumlah huruf dari masing masing kata pada kalimat diatas, maka ankan didapat hasilnya π = 3.1415926. bagaimana? cukup mudah untuk menghafal nilai pi bukan?
  • Cara Cepat Menghitung Persentase dari bilangan Ratusan hingga Jutaan


    Menghitung persentasi dari nilai uang atau jumlah memang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu bagaiman cara menghitung persentase dari suatu nilai dengan cepat. Sebagai contoh yaitu berapa 30% dari 500. Caranya yaitu hilangkan masilng-masing satu buah 0 dari kedua bilangan tersebut. Maka penyelesaiannya akan menjadi 3 x 50 = 150, jadi didapatkan hasil 30% dari 500 adalah 150.
  • Cara Cepat merubah Suhu dari Celcius ke Fahrenheit


    Untuk mengkonversi suhu dari derajat celcius ke fahrenheit sangatlah mudah. Yaitu dengan cara mengkalikan dengan 1.8 lalu ditambahkan dengan 32. Secara matematis ditulis dengan persamaan °F = (°C x 1.8) + 32.
  • Cara Mudah Mengingat Kurang dari dan Lebih dari dengan Mudah.


    Cara Cepat Menguasai Matematika kurang lebih dari
    Terkadang kita sering keliru dalam membedakan antar tanda kurang dari dan lebih dari. Padahal jika difikir secara logika sangatlah mudah karena kedua tanda tersebut memiliki bentuk yang sama tetapi berbeda arah. Ibaratkanlah bahwa tanda itu adalah sebuah mulut, tentu saja dia akan membuka ke arah yang lebih besar. Contoh : Roti besar > roti kecil dan Sepotong daging < Seporsi Daging. terdengar lucu, tetapi cukup mudah untuk diingat
Demikianlah Cara Mudah Menguasai Matematika (Dasar Dasar) yang tentunya dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari hari tanpa harus tergantung pada kalkulator. Dan sudah pasti akan sangat menghemat waktu jika kita menggunakan Tips ini apalagi ketika menghadapi UN (Ujian Nasional), UAS (Ujian Akhir Sekolah), ataupun Ujian Mid semester dan ujian semester. Semoga artikel mengenai Cara Cepat Menguasai dasar dasar Matematika dengan mudah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Related Post / Artikel Terkait:

1 komentar untuk "Cara Cepat Menguasai Matematika (Dasar Dasar)"

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan tinggalkan komentar menyangkut dengan artikel ini atau berupa kritik dan saran untuk blog ini. Mohon untuk tidak melakukan Spamming