Viewed :

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas | M-CAV Blog

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama
Pada Tanggal : Friday, January 30, 2015
Advertisement

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Secara Cerdas

M-CAV.Com - Cara Mengatur Keuangan Pribadi | Sering kali kita merasa heran karena tiba tiba isi dompet kita sudah menipis sedangkan seingat kita bahwa bulan ini kita tidak banyak berbelanja. Bahkan sering sekali terlintas dibenak kita bahwa gaji bulanan kita tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pemikiran ini muncul bukan tanpa alasan, tetapi muncul karena seringkali uang kita menipis di pertengahan hingga akhir bulan. Hal ini memicu timbulnya pemikiran dalam diri kita tentang bagaimana cara mengatur keuangan pribadi kita agar tidak selalu merasa kekurangan pada tanggal tanggal tua. Kejadian seperti ini juga dapat menimbulkan stress, apalagi jika kejadian seperti ini sering kali terjadi dan berulang-ulang. Pasti akan sangat menyakitkan dan menambah beban pikiran kita hingga berujung dengan stress.
Cara mengatur Keuangan pribadi dengan Baik
Cukup banyak orang merasa kewalahan setiap akhir bulan, bahkan ada yang sudah kewalahan pada pertengahan bulan. Kondisi seperti ini terjadi karena kurangnya perhatian kita pada manajemen keuangan sendiri dan tidak mengetahui Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan baik. Jika semuanya diatur dengan baik maka kejadian seperti ini dapat diminimalisir dan bahkan akan membuat keuangan kita semakin membaik. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini M-CAV.Com akan berbagi tentang Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas. Pada artikel ini akan dibahas mengenai Cara Cara Mengatur Keuangan Pribadi agar tidak selalu kesulitan di Akhir bulan. Berikut ini adalah Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik :
  1. Membuat Daftar Belanja Per Bulan
    Daftar belanja per bulan akan sangat memperjelas pengeluaran anda setiap bulannnya. Kenapa hal ini perlu? jawabannya karena dengan gambaran pengeluaran setiap bulannya maka kita dapat memperkirakan dan membatasi pengeluaran hingga uang kita dapat bertahan hingga penerimaan gaji selanjutnya. Selain itu kita juga dapat menentukan pengeluaran mana yang tidak terlalu penting tetapi menghabiskan cukup banyak uang. Sehingga kita dapat menghemat pengeluaran kita karena semuanya keuangan kita telah teratur dan tertata dengan baik.
  2. Bedakanlah Antara Kebutuhan dan Keinginan
    Sering kali dalam membelanjakan uang kita tidak memperhatikan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Semua yang akan dibeli dianggap sama sama diperlukan tanpa memikirkan kembali apakah itu benar benar sebuah kebutuhan atau hanya sekedar keinginan belaka. Jadi kita harus bisa membedakan antar kebutuhan dan keinginan untuk mengatur keuangan pribadi kita sehingga tidak terdi lagi krisis keuangan di akhir bulan. Berdasarkan pada daftar belanja per bulan yang telah kita buat seperti pada tips pertama, maka kita dapat menentukan manakah yang merupakan kebutuhan dan harus dikeluarkan setiap bulannnya. Pisahkanlah semua pengeluaran yang termasuk kedalam keinginan tersebut dari daftar pengeluaran per bulan, maka kita dapat menghemat pengeluaran per bulan kita dan keuangan kita akan tetap baik hingga akhir bulan.
  3. Sisakan uang anda setiap hari untuk ditabung
    Biasakanlah untuk menyisihkan sisa dari uang belanja anda setiap hari. Soal berapa jumlah uang yang akan anda tabungkan setiap harinya itu terserah anda. Namun, jumlah uang yang anda tabungkan tersebut tidak boleh terlalu memberatkan anda, apa lagi sampai kebutuhan sehari hari anda menjadi tidak tercukupi karena jumlah uang yang anda tabungkan terlalu banyak. Mengapa menabung itu perlu? Jawabannya karena dengan menabung semua keinginan anda yang telah anda tahan tahan selama ini pada tips kedua dapat anda capai, bahkan bisa memenuhi keinginan anda yang lainnya seperti pergi liburan ke tempat impian anda yang telah lama anda dambakan (jalan jalan keliling Eropa misalnya, admin pengen banget yang satu ini karena terobsesi film 99 cahaya di langit Eropa :D ). Percayalah, dengan menabung maka kita dapat meraih semua keinginan kita yang menurut kita tidak akan bisa tercapai dengan gaji kita saat ini. Pastikan juga bahwa anda tidak mencoba membongkar uang tabungan anda, bahkan hanya sedikit sekalipun. Seperti kata pepatah : "Sedikit demi sedikit lama lama habis juga" (Pasti kalian semua baru dengar pepatah ini) dan tabungan anda akan menjadi sia sia.
  4. Susun Ulang Daftar Belanja Per Bulan Anda
    Setelah melakukan tips pertama sampai tips ketiga, maka selanjutnya kita harus menyusun ulang daftar Belanja per bulan dengan mengeluarkan pengeluaran uang yang tidak terlalu dibutuhkan dan telah memisahkan semua pengeluaran yang merupakan keinginan kita. Jika perlu anda juga dapat membuat daftar pengeluaran per hari termasuk biaya dapur, uang saku, dan pengeluaran untuk biaya keluarga lainnya. Sehingga keuangan anda akan teratur dengan baik dan terbebas dari krisis uang dan penyakit kanker tanggal tua Daftar belanja ini juga akan memudahkan kita ketika pergi belanja dan apa apa yang akan kita beli sudah pasti, tepat sasaran dan telah terencana sebelumnya. Dan pastikan juga agar anda tidak tergoda dengan produk produk yang menawar diskon dengan kata kata yang begitu menyugesti. Tahanlah keinginan anda dulu, anda dapat membeli barang barang yang anda ingin pada diskon akhir tahun dengan menggunakan uang tabungan anda namun anda tetap akan terbebas dari masalah kekurangan uang atau krisis keuangan akhir bulan.
  5. Tetapkanlah Cita Cita Finansial Anda Kedepannya
    Setiap orang pasti sangat menginginkan kenaikan gaji. Akan terasa sangat membosankan dan terasa terlalu kaku jika penghasilan kita tidak mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Maka, tetapkanlah Cita Cita finansial anda yang akan anda capai pada waktu tertentu, sehingga hidup kita lebih tertarget dan jelas tujuannya. Dengan demikian keuangan anda akan teratur dengan baik dan terwujud finansial yang bagus dan serba berkecukupan. Hal ini kan membuat anda lebih terkonsentrasi pada tujuan anda dengan jelas dan keuangan anda akan menjadi lebih terarah dan jelas.
Lakukanlah tips Cara Mengatur Keuangan Pribadi secara Cerdas dengan tekun dan sabar. InsyaAllah, keuangan anda akan tertata dengan baik dan bebas dari kekurangan uang. Pesan dari admin jika keuangan anda telah teratur dengan baik dan serba berkecukupan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang anda untuk berinfak dan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas. Semoga artikel Cara Mengatur Keuangan pribadi Secara Cerdas ini dapat bermanfaat bagi para M-CAVers semua (panggilan akrab buat pembaca blog ini :D ) terutama admin sendiri. Selamat berusaha dan mencoba, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Related Post / Artikel Terkait:

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas"

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan tinggalkan komentar menyangkut dengan artikel ini atau berupa kritik dan saran untuk blog ini. Mohon untuk tidak melakukan Spamming