Viewed :

Cara Memilih Laptop Bekas/Baru yang Berkualitas dan Bagus | M-CAV Blog

Cara Memilih Laptop Bekas/Baru yang Berkualitas dan Bagus

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama
Pada Tanggal : Tuesday, July 22, 2014
Advertisement

Cara Memilih Laptop Baru/Bekas yang Bagus dan Berkualitas

M-CAV.Com | Tips memilih laptop atau netbook yang bagus dan berkualitas. Di zaman perkembangan teknologi yang pesat ini tentu sangat dibutuhkan sebuah laptop atau minimalnya netbook untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Entah itu berprofesi sebagai mahasiswa, pekerja kantor, blogger, Desainer atau mungkin hanya untuk keperluan gaming. Tentunya laptop yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Akan kita bahas secara ringkas mengenai jenis-jenis mini komputer lipat ini.
Cara Memilih Laptop Bekas/Baru yang Berkualitas dan Bagus
Pertama yaitu Netbook, Netbook merupakan komputer lipat mini yang memiliki lebar layar dibawah 14 inch dan biasanya didukung oleh processor sekelas intel atom atau yang terbarunya memiliki processor seperti intel celeron. Kemudian untuk Laptop atau Notebook biasanya memiliki lebar layar 14 inch ke atas yang sudah bisa mengusung processor dual core seperti intel core duo, dan i3. hingga quadcore seperti i5, i7, AMD X8 dan sekelasnya dan sudah ada yang memakai VGA dari vendor AMD / ATI dan NVidia GeForce. Jika kita seorang mahasiswa atau mahasiswi tentunya sudah cukup dengan sebuah netbook untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan seperti membuat makalah ataupun powerpoint. Jika kita seorang pekerja kantoran bagian desain yang tentunya laptop / Notebook yang akan kita beli adalah yang memiliki VGA dengan VRAM 1Gb keatas agar dapat menjalankan aplikasi desain grafis yang membutuhkan VRAM tinggi untuk kelancarannya. Berikut ini adalah tips memilih dan membeli laptop yang bagus dan berkualitas :
  • Jangan terfokus pada mereknya. Sesuaikanlah antara kebutuhan kita dengan laptop yang kita beli, Setiap merek laptop juga membuat produk dengan tingkatan yang berbeda. Jika kita fokus kepada merek saja tanpa membandingkan spesifikasinya bisa bisa setelah membeli kita bisa menyesal kemudian. Sebagai contoh misalnya kita bingung antara memilih Tosh*ba dengan spesifikasi intel core duo, VGA intel onboard 256Mb, 320Gb hdd DDR3 dengan *P dengan spesifikasi Intel core i3, VGA ATI 1Gb, 500Gb Hdd DDR3. Karena merek tosh*ba lebih terkenal dan lebih awet kata orang, maka kita memutuskan memilihnya, tanpa melihat dulu spesifikasinya padahal laptop tersebut akan kita gunakan untuk desain grafis. Tapi tetaplah berusaha untuk memilih laptop milik vendor kelas internasinal seperti Toshiba, ASUS, Acer, Hp, Dell, Sony dan vendor sekelasnya
  • Lihat spesifikasi hardware dan tanggal pertama kali hardware tersebut diluncurkan. Jika kita sampai salah memilih laptop yang arsitektur hardwarenya model lama dan drivernya sulit didapat jika terjadi kerusakan kita akan sulit memperbaikinya. Kita dapat menggunakan google untuk melihat spesifikasi laptop yang akan kita beli dan keluhan keluhan dari orang yang telah memakai laptop tersebut.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang kita miliki. Belilah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita, Jika kebutuhan kita tidak menuntut laptop dengan spesifikasi yang tinggi cukup kita membeli laptop Low-End yang tentunya harganya sangat bersahabat. Jika kita membutuhkan laptop untuk keperluan desain atau gaming bisa dengan memilih laptop mid-end yang harganya bersahabat dengan spesifikasi minimal processor dengan 2 buah inti, dan VGA dengan minimal memiliki VRAM 1Gb serta memori DDR3.
  • Cek lama waktu garansi dan batasan batasan garansinya. Bacalah dahulu buku garansinya dan lihat apa saja yang tidak termasuk dalam garansi tersebut.
  • Sebelum memutuskan untuk membelinya carilah informasi atau keluhan keluhan pengguna laptop jenis tersebut, Biasanya untuk laptop yang rentan rusak akan banyak orang yang membuat keluhannya di forum ataupun di blog pribadinya.
  • Jika membeli laptop bekas setelah memperhatikan tips tips diatas, maka cobalah tes daya tahan baterainya dengan menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Tes speakernya dengan menghidupkan lagu, sensitifitas trackpadnya Tes sinyal wifinya apakah masih bisa mendeteksi perangkat wifi terdekat. Jika yang dibeli adalah laptop tes juga DVD Drive nya. Periksa juga charger serta semua port USB dan port multimedia yang ada di laptop tersebut. Yang terakhir periksa segel dibelakang laptop apakah sudah pernah dibongkar pasang / servis atau belum dan tanyakan juga lama pemakaian laptop tersebut walaupun kecil kemungkinan yang menjual akan berkata jujur.

Itulah beberapa tips memilih dan membeli laptop baru ataupun bekas versi M-CAV.Com sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Semoga bermanfaat dan mendapatkan laptop yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan sobat. Sampai jumpa di Artikel menarik berikutnya.

Related Post / Artikel Terkait:

1 komentar untuk "Cara Memilih Laptop Bekas/Baru yang Berkualitas dan Bagus"

  1. sekarang ana udah paham tetang memilih laptop yang awet, trims ya atas informasinya. ini sangat bermanfaat sekali bagi yang masih bingung dalam memilih laptop yang hendak dimiliki.

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan tinggalkan komentar menyangkut dengan artikel ini atau berupa kritik dan saran untuk blog ini. Mohon untuk tidak melakukan Spamming