Viewed :

Cara Mencari Jurnal (PDF) di Google (Internet) | M-CAV Blog

Cara Mencari Jurnal (PDF) di Google (Internet)

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama
Pada Tanggal : Wednesday, July 08, 2015
Advertisement

Cara Mencari Jurnal (pdf) di Google

M-CAV.Com - Cara Mencari Jurnal PDF di Google | Selamat pagi/siang/sore/malam (pilih sendiri) sobat M-CAVers yang baik hati. Jurnal merupakan kumpulan dari artikel artikel hasil penelitian terbaru pada bidang tertentu. Jurnal sangat diperlukan jika kita membuat karya ilmiah baik itu makalah, skripsi, thesis ataupun karya tulis ilmiah lainnya sebagai Dasar teori, Kajian Teori, ataupun Tinjauan Pustaka (Apapun judulnya pokoknya berkaitan dengan dasar teori penelitian yang kita lakukan) yang biasanya diletakkan pada BAB II. Mencari jurnal cetak akan sangat sulit dilakukan, apalagi jika jauh dari kota. Selain itu jika ditemukan harganya juga cukup mahal. Sementara, sebagai dasar teori dari penelitian kita tidak cukup jika hanya merujuk pada satu jurnal saja. Tentu saja biayanya akan bertambah jika kita mengambil lebih banyak jurnal versi cetak, selain itu juga belum tentu apa yang kita cari ada pada jurnal tersebut. Oleh karena itu, alternatif lain yang dapat kita gunakan adalah mencari jurnal di internet. Selain lebih menghemat biaya, dengan mencari jurnal di internet kita akan lebih bebas memilih jurnalnya dengan hanya bermodal koneksi internet. Kita juga bebas memilih jurnalnya baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Kali ini kita akan mencari jurnal di Google karena dengan menggunakan mesin pencari ini kita lebih mudah menemukan jurnal yang kita inginkan. Jurnal tersebut juga dapat kita simpan di komputer kita sehingga bisa dibuka dan dibaca kapan saja kita butuhkan. Namun, masih banyak diantara kita yang tidak tahu cara mencari jurnal di google. Padalah mencari jurnal di internet itu sangat mudah jika kita mengerti caranya. Berikut ini adalah langkah-langkah mencari jurnal di google
  1. Pertama, pastikan dahulu dikomputer atau laptop sobat terinstall Mozilla Firefox atau google Chrome, dan juga sudah terinstall PDF viewer seperti Adobe Reader ataupun Foxit Reader. Karena kali ini kita akan menggunakan software diatas untuk mencari jurnal di google. Kenapa pada tutorial ini diminta menggunakan Google Chrome ataupun firefox. Jawabannya karena pada browser tersebut sudah memiliki plugin yang bisa secara default membaca dan menampilkan file PDF secara langsung tanpa harus menunggu proses download dan dibuka secara manual lagi.
  2. Cara pertama, menggunakan Google.com. Silahkan ketik di Kotak pencarian : "filetype:pdf" (tanpa spasi) dan jangan tekan enter dulu. ketik satu spasi lalu masukkan judul jurnal yang akan sobat cari. Misalnya jurnal tentang asteroid, maka ketik : "filetype:pdf asteroid journal" lalu tekan enter dan lihat hasil yang ditampilkan di hasil pencarian. Disetiap hasil pencarian akan ada tulisan [PDF] lalu diikuti dengan judul jurnal atau judul artikel pada jurnal tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
    cara mencari jurnal di google
  3. Selain dengan cara mengetikkan judul jurnal, kita juga dapat mengetikkan judul penelitian yang sejenis dengan penelitian yang akan kita lakukan. Kita juga dapat menulis materi yang akan kita cari dengan mengetik topiknya langsung. Misalnya : "filetype:pdf asteroid adalah" atau "filetype:pdf asteroid tersusun atas" maka kita akan mendapatkan kumpulan jurnal yang memiliki kata kata diatas dan kita tinggal memilih jurnal mana dari hasil pencarian tersebut yang akan kita pakai.
  4. Jika menggunakan Google Chrome, maka tampilan jurnal tersebut secara default akan terlihat seperti pada microsoft word (lembaran lembaran kertas) hanya saja tidak terdapat menu seperti pada Ms Word. Namun, juga terdapat menu tersediri pada bagian kanan bawah layar. Menu tersebut akan terlihat jika kita menggeser kursor ke arah kanan bawah. Tampilannya akan terlihat seperti ini :
    cara mencari jurnal di google
    Pada menu tersebut terdapat pengatur tampilan laman dengan simbol panah, Zoom out (memperkecil), Zoom in (memperbesar), Simpan/Save (gambar disket) dan Print atau cetak (Gambar printer). Jika sobat ingin mendownload jurnalnya silahkan klik ikon disket dan jika ingin langsung mencetaknya silahkan klik ikon printer lalu pilih Printernya dan klik Print.
  5. Jika sobat menggunakan Mozilla Firefox tampilannya juga akan per lembar sperti microsoft word dengan background gelap. Menunya terdapat pada bagian atas, Disitu ada simbol + (tambah) untuk memper besar tampilan (zoom in) dan simbol - (minus atau strip) untuk memperkecil tampilan (zoom out). Jika sobat ingin menyimpan jurnalnya di komputer, silahkan klik icon kertas dengan simbol panah ke bawah berwarna putih seperti gambar dibawah ini :
    cara mencari jurnal di google
    Jika sobat ingin mencetak langsung jurnal tersebut silahkan klik icon printer berwarna putih yang terletak disebelah kiri icon download tersebut.
  6. Cara kedua, yaitu menggunakan scholar.google.com silahkan kunjungi Google Scholar. Setelah terbuka akan terlihat tampilan Google Scholar (versi bahasa inggris) atau Google Cendekia (Versi bahasa indonesia). Silahkan ketik judul jurna atau judul penelitian pada kotak percarian lalu tekan enter. Setelah hasil pencariannya tampil akan terlihat Judul jurnal ataupun judul penelitian, disetiap bagian bawah akan terlihat siapa pengarang atau penulis jurnal tersebut dan keterangan telah dirujuk berapa kali jurnal tersebut. Tetapi, banyak jurnal yang kita cari melalui google scholar merupakan jurnal premium yang harganya lumayan bagi kantong mahasiswa. Namun, tidak ada salahnya juga mencari jurnal dengan cara ini karena banyak juga jurnal gratis yang tersedia disini.
Demikianlah Cara Mencari Jurnal (PDF) di google dengan mudah, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Jika ada Langkah-langkah yang kurang dipahami dari pembahasan cara mencari jurnal di google tersebut silahkan tanyakan melalui kotak komentar. InsyaAllah admin akan mencoba membantu mengatasi masalah tersebut. Selamat mencari dan mengoleksi jurnal dari google dan selamat mengerjakan karya tulis ilmiahnya. Semoga sukses dan samapai jumpa dia artikel M-Cav Blog menarik lainnya.

Cara Mencari Jurnal di Google dengan mudah

Related Post / Artikel Terkait:

1 komentar untuk "Cara Mencari Jurnal (PDF) di Google (Internet)"

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan tinggalkan komentar menyangkut dengan artikel ini atau berupa kritik dan saran untuk blog ini. Mohon untuk tidak melakukan Spamming